PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
( PTK )
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PUTRI
HIJAU
Disusun oleh :
NAMA : ERIGON
NIM :
815 505 952
MATA KULIAH :
Metode Penelitian
PROGRAM STUDI :
S.1 PGSD
POKJAR : PUTRI HIJAU
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS
TERBUKA
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH BENGKULU
TAHUN 2012
PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
I. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN
RUMAH (HOME WORK)
BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PUTRI
HIJAU
II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Matematika dan
Pemberian Pekerjaan Rumah.
III. PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka
panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh
semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya
dengan Indonesia
menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa
ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus
dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah
investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan
sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi
sampai saat ini Indonesia
masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu
kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar
permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak
tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan
khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah
( MI ) sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih
ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai
masing – masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan
oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat
lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya
prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah
satunya adalah pemberian tugas berupa kepada siswa. Dengan pemberian pekerjaan
rumah kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya,
sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di
sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi
siswa.
IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
- Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang
diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah
melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi
belajar Matematika bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 17 Putri Hijau ?
- Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan
perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula
dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan
diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah
maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan atau
konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan
pemberian PR secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu
mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan
“Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah
karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang
demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau
belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Demikian halnya dengan guru
memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa atau itu karena
disuruh sebagai tugas dengan perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa
harus belajar. Dengan pola demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar
dirumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan..
a.
Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan
dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui tehnik pemberian
tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa
kelas V SDN 17 Putri Hijau”
V. TUJUAN PENELITIAN
1.
Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang
diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk
meningkatkan belajar di rumah.
2.
Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari
penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah
melalui pemberian pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika bagi siswa kelas V SDN 17 Putri Hijau.”
VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi :
a.
SDN 1 Samudra Kulon
Dengan hasil penelitian ini
diharapkan SD Negeri 17 Putri Hijau dapat lebih meningkatkan pemberdayaan
pemberian pekerjaan rumah agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu
dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b.
Guru
Sebagai bahan masukan guru
dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c.
Siswa
Sebagai bahan masukan bagi
siswa untuk memanfaatkan pekerjaan rumah dalam rangka meningkatkan prestasi
belajarnya.
VII. KAJIAN PUSTAKA
- Landasan Teori
1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari
bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti
ajaran, pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik
berdasarkan pengalaman keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari
kaidah – kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program
Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk
memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP
merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan
Dasar dan Menengah (Direkdikdas : 1994 )
- Belajar
Skinner
berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka
responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi
menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang
mengubah sifat stimulasi limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi
kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa
Indonesia belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu
kepandaian (Purwadarminta :109 )
Belajar
dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar
mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah
pelajaran Matematika.
- Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “
prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud,
1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh
kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah
penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran,
lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi
dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada
mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh
guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya
- Teknik
Dalam kamus umum bahasa
Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau
melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta,: 1035).
Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh
guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau
laporan yang diinginkan.
- Pekerjaan rumah
Pekerjaan rumah atau yang lazim
disebut PR dalam bahasa Inggris “Homework “yang artinya mengerjakan pekerjaan
rumah. Dalam penilitian ini yang dimaksudkan dengan PR adalah sebuah tugas atau
pekerjaan tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan diluar jam
sekolah (terutama dirumah) berkaitan dengan
pelajaran yang telah disampaikan guru untuk meningkatkan penguasaan konsep atau
ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.
VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
- Rencana Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah
siswa kelas VI SD Negeri 17
Putri Hijau Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten
Bengkulu Utara jumlah siswa 38 orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek
penilitiann tersebut dimana siswa kelas VI telah mampu dan memiliki kemandirian
dalam mengerjakan tugas seperti PR, karena siswa kelas VI telah mampu
membaca dan menulis serta berhitung yang cukup. Selain itu penulis pengajar di
kelas VI.
2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis
mengambil lokasi di SD Negeri 1 17 Putri Hijau, Kecamatan Putri Hijau Kabupaten
Bengkulu Utara penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan
bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang
waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis
menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober.
Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada
semester I Tahun pelajaran 2007/2008.
4. Lama Tidakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber, mulai
dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.
- Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara
lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latian soal,
pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama )
pembahasan PR, ulangan harian.
2.
Tindakan ( Action )/
Kegiatan, mencakup
a.
Siklus I, meliputi :
Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b.
Siklus II ( sama dengan I )
c.
Siklus III ( sama dengan I
dan II )
3.
Refleksi, dimana perlu adanya
pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan
atau hasil dari penelitian.
IX. JADWAL PENELITIAN
No
|
KEGIATAN
|
MINGGU KE……..
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Perencanaan
|
||||||||||||
2
|
Proses pembelajaran
|
||||||||||||
3
|
Evaluasi
|
||||||||||||
4
|
Pengumpulan Data
|
||||||||||||
5
|
Analisis Data
|
||||||||||||
6
|
Penyusunan Hasil
|
||||||||||||
7
|
Pelaporan Hasil
|
X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari
penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy Naskah : Rp
2. Kerta folio 1 pack : Rp
3. Jilid buku : Rp
4. Rental Komputer
: Rp
5. lain – lain : Rp
JUMLAH
: Rp
XI. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari
Tim tersebut adalah :
1.
Nama
: Joni
NIM
:815 504 733
Pekerjaan :
Guru Kelas VI SDN 17 Putri Hijau
Tugas dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar